T I K info  

By : icon15me leoniac


Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus memprtemukan siswa dengan guru , tetapi bi Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi juga bisa menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan, antar lain kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi  seperti tes Raven, Differential Apitudes Test dapat di akses melalui CD
 Penyalah gunaan pengetahuan bagi bagi orang-orang tertentu merupakan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tapi mempunyai moral rendah, Contohnya dengan ilmu dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lai.
Akses yang terlalu mudah dan kurangnya pengawasan dari orang tua maupun ketidak pedulian masyarakat membuat penyalahgunaan ini menjadi tidak terkendali.
Contohnya saat game online sedang menjamur di ibukota, para remaja rela membolos saat jam sekolah demi bermain game di warnet-warnet kesayangannya . pornografi yang bisa di akses dan mudah dibuka di internet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat. Aplikasi chating dan jaringan pertemanan yang menjamur yang dapat membuat orang lupa waktu karena terlalu asyik bercengkrama dengan teman-teman baru di dunia maya. Isu-isu SARA dan rasial mudah merebak dengan memanfaatkan internet, sesama negara tetangga saling hujat dan menghina lewat sarana blog, penyesatan dan penghinaan agama pada situs-situs yang tidak bertanggung hawab, dan searbeg permasalahan lainnya yang timbul oleh kemajuan arus teknologi ini.
KESIMPULAN
 
Sebagai negara yang merdeka dan secara kultur mempunyai landasan agama, budaya yang kuat tentu informasi dapat menjadi satu ancaman baik individu maupun kelompok bahkan secara umun keuntungan negara kesatuan Republik Indonesia, hal ini bukan saja menjadi  tanggung jawab pemerintah akan tetapi seluruh komponen bangsa ini dituntut untuk memberikan pengawasan agar teknologi informasi di negeri ini dapat menjadi sesuatu yang bernilai bagi kemajuan pendidikan serta pembangunan secara keseluruhan. Informasi akan bernilai bila dijadikan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat khususnya untuk mengetahui perkembangan berbagai isu dan kemajuan pembangunan secara nasional maupun secara internasional. Itulah sedikit ilustrasi kemajuan teknologi dan dampaknya bagi pendidikan. Mengelola pendidikan dengan benar dan memahami kemajuan teknologi dengan cermat, adalah merupakan salah satu syarat agar bangsa Indonesia menuju kemajuan peradaban yang lebih baik.

This entry was posted on 12/15/2010 03:25:00 PM and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 coment